PENDIDIKAN ILMU BISNIS DAN MANAJEMEN DAPAT MEMBAWA SAYA MENUJU WIRAUSAHAWAN

Bicara tentang pendidikan di Indonesia, tidak akan lepas dari pemikiran tentang krisis pendidikan yang di sebabkan oleh krisis ekonomi global yang terjadi. Biaya pendidikan yang melambung tinggi membuat anak-anak yang keadaan perekonomiannya kurang baik memiliki nasib yang kurang beruntung dikarenakan mereka harus putus sekolah dan bekerja untuk membantu pekerjaan orangtua. Hal ini adalah masalah besar yang dihadapi Indonesia, karena dengan adanya krisis pendidikan yang semakin merajalela ini akan memmbuat Indonesia semakin di remehkan oleh Negara-negara lain. Oleh sebab itu, kita yang mampu untuk bersekolah harus berfikir dengan matang-matang jurusan apa yang akan kita pilih sebagai gambaran untuk masa depan kita.

Banyak orang yang memilih Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) sebagai gambaran akan bekerja apa setelah lulus sekolah, tetapi tidak sedikit pula orang-orang yang memilih perkuliahan sebagai sarana membangun masa depan dengan memilih jurusan atau ilmu pendidikan yang mereka inginkan. Salah satu ilmu pendidikan di perkuliahan yang akan saya jelaskan yaitu Ilmu Bisnis dan Manajemen.

Manajemen bisnis akan sangat berguna ketika kita menjalankan kegiatan bisnis. Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu kegiatan termasuk juga bisnis. Manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan sesuatu melalui kerja orang lain. Seni ini juga merupakan cara untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang dapat memberikan keuntungan bagi keseluruhan organisasi maupun beberapa pihak. Selain itu, manajemen juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti mengatur atau mengelola.

Bisnis memiliki definisi sebagai satu jenis kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk – produk dalam bentuk barang maupun jasa. Dapat disimpulkan bahwa Pengertian Manajemen Bisnis ialah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk agar dapat  memberikan keuntungan sebesar besarnya pada para pelakunya. Manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.

Setelah lulus kuliah saya memiliki rencana untuk membuka usaha Toko Baju karena menurut saya usaha ini tidak akan pernah habis peminatnya baik laki-laki atau perempuan mulai dari anak kecil maupun orang dewasa, asal kita selalu bisa mengikuti zaman karna tiap taunnya banyak model baju berganti-ganti sesuai peminat masyarakat. Usaha ini bisa dimulai dengan mengambil atau membeli barang-barang di pasar yang menjual dengan harga rendah kemudian kita jual kembali dengan sedikit mengambil keuntungan, bisa juga menjadi reseller dari toko baju yang sudah ada, atau mencari peluang untuk menjadi dropship. Planning yang akan saya lakukan pertama-tama mengumpulkan modal terlebih dahulu untuk membeli kaos polos kemudian di desain seunik mungkin agar terlihat beda dari yang lain oleh masyarakat. Sebagai contoh kaos polos hitam pendek dengan tanda strip di lengan dan dibuatkan saku di bagian depan baju, hanya desain begitu saja tetapi banyak peminatnya. Setelah mendesain bajunya kemudian kita bisa menjual dengan membuka toko online terlebih dahulu seperti membuat instagram, twitter, blog, atau official account dari nama toko baju tersebut sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan. Bisa juga kita jual dari mulut ke mulut, misalnya menawarkan produk yang kita jual ke teman dekat, atau meminta bantuan kepada teman kita untuk memakai produk yang dijual setelah itu dipromosikan di sosmed mereka. Banyak ilmu yang saya dapat setelah mengenal ilmu bisnis dan manajemen, apalagi dengan rencana masa depan saya yang akan menjadi wirausahawan, seperti membuat planning tujuan dari membuka usaha toko baju, bagaimana modal yang dikumpulan, kemudian mengorganisasikan usaha tersebut seperti bagaimana cara memasarkan produk tersebut agar sampai ke masyarakat, siapa saja yang harus aktif dalam usaha toko baju ini, setelah itu pelaksanaan dalam membuka usahanya, misal seperti yang sudah dijelaskan untuk membuka situs online atau sosmed, maupun mempromosikan ke teman dekat, kemudian melakukan pengawasan dari usaha tersebut, bagaimana cara mencegah terjadinya kecurangan dalam berjualan, menampung kritikan orang yang sudah membeli produk yang dijual kemudian memperbaiki kesalahan yang terjadi, atau memasukan saran yang diberikan oleh pembeli.

Kesimpulan:

Belajar ilmu bisnis dan manajemen itu sangat penting apalagi untuk orang yang akan membuka bisnis sendiri, kita bisa mengenal istilah P.O.A.C yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), Controling (pengawasan), sehingga untuk kita yang baru mulai untuk berbisnis bisa sesuai step dan meminimalisir resiko yang akan didapatkan.

http://pengertianmanajemen.net/pengertian-manajemen-bisnis/

Dosen Pengampu : Bapak DJ Anderson Butarbutar

 

Tinggalkan komentar